Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Tuesday 18 March 2014

Cara Install Navicat di Linux: Aplikasi GUI Mengelola Database MySQL di Linux

Cara Install Navicat di Linux: Aplikasi GUI Mengelola Database MySQL di Linux

Navicat adalah salah satu tool untuk mengelola database MySql Server berbasis GUI, biasanya saya menggunakan navicat ini untuk membuat database dan table – table ketika membuat program aplikasi dengan Visual Basic di windows. Tetapi ketika saya menggunakan linux saya ingin navicat ini bisa dijalankan di linux untuk mengelola database MySql, walaupun bisa saja menggunakan phpmyadmin untuk mengelola database mysql berbasis grafik di linux, selain berbasis web dan sedikit lambat, phpmyadmin tampilannya kurang familiar untuk mengelola mysql dengan database yang komplex.
Instal navicat cukup mudah di linux, berbeda dengan install navicat di windows yang bener – bener di install, di linux boleh di bilang kita tidak mengistal, hanya mengextrak file tar gz yang di download lalu menjalankan satu perintah untuk memulai bekerja dengan navicat.

Berikut cara menggunakan navicat :

1. Install Mysql melalui Yast, saya menggunakan linux openSUSE 10.3, Yast | Software | Software Management | Filter |Pattern | pilih WebSever and LAMP


2. Walaupun di sini kita instal melalui pilihan WebServer dan LAMP, tetapi fokus kita adalah MySql yang memang di bundle dengan Apache dan LAMP

3. Start MySql

Service mysql start

4. Download navicat di http://www.navicat.com/download.html, download navicat versi linux yang non-commercial.

5. Taruh hasil download di satu folder, misal folder /opt lalu Extract Navicat

tar -zxvf navicat8lite_mysql_en.tar.gz
6. Masuk ke folder navicat

cd /opt/navicat8lite_mysql_en
7. Untukmenjalankan Navicat, kita tinggal beri perintah seperti dibawah ini :

./start_navicat (titik slash start_navicat)
Maka akan tampil seperti di bawah ini :
navi1.gif
Klik Connection untukmelakukan koneksi ke MySql
navicat2.png


Isikan Connection Namenya, berbeda ketika kita mengistal mysql di windows, dimana pada salah satu step nya kita di beri opsi untuk mengisi password root, di linux pertama kali kita mengistal mysql, user root defaultnya adalah tanpa password, jadi biarkan saja pada isian password root kosong, lalu klik Test Connection bila berhasil akan keluar tulisan “ Connection Successfull”, lalu klik OK 2x untuk memulai koneksi. Lalu klikkanan pada Connecton Namenya dan pilih Open Connection

navi3.gif
Tampilan di atas adalah dimana kita sudah terkoneksi dengan mysql, ingat pertama kali kita koneksi ke database dengan user root adalah tanpa password, untuk itu untuk menjaga securitas dan keamanan, hal pertama yang kita lakukan adalah memberi password user root, melalui menu manage users.
Untuk memberi password root, kita tinggal klik Edit User, lalu memberi password root. begitu juga ketika kita ingin menambah user baru dengan mengklik Add User. Disebelah kanan tampilan terdapat akses user secara global dengan hanya mencheklish akses user. Atau kalau di console biasanya untuk memberi akses user dengan perintah Grant All Privilage.
Untuk pembuatan database, kita tinggal klik kanan saja pada Connectian Name, contoh diatas adalah Server Database, lalu tinggal pilih New Database. Fasilitas yang di sediakan Navicat cukup lengkap seperti view, store procedure, query, mungkn yang kurang dari Navicat non comercil adalah Relashionship yang hanya ada pada versi ber bayar, tapi hal terebut bisa di tutupi dengan query.

2 comments:

  1. ini tampa harus melalui wine yah?

    ReplyDelete
  2. Stmik Himsya: Cara Install Navicat Di Linux: Aplikasi Gui Mengelola Database Mysql Di Linux >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Stmik Himsya: Cara Install Navicat Di Linux: Aplikasi Gui Mengelola Database Mysql Di Linux >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Stmik Himsya: Cara Install Navicat Di Linux: Aplikasi Gui Mengelola Database Mysql Di Linux >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK jW

    ReplyDelete