Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Sunday 23 March 2014

membuat mysql berjalan otomatis ketika centos dinyalakan (Start up)

Ganbar 1.1

Tampilan awal saat centos 5.5 dijalankan
Ketika kita ingin membuat suatu program/aplikasi dijalankan otomatis saat linux centos dinyalakan ada beberapa langkah yang harus dilakukan:
  1. membuka terminal di centos, seperti DOS di windows caranya klik   applications pada pojok kiri atas desktop, lalu arahkan kursor mouse di accessories akan muncul beberapa aplikasi, lalu pilihlah aplikasi terminal.
  2. Pada gambar 1.2 adalah tampilan terminal di centos 5.5, kita harus masuk login root dulu dengan mengetik su akan muncul tulisan password, kita isikan password root, lalu kita ketik vim /etc/rc.local  ini adalah file atau settingan yang mengatur proses startup di linux centos 5.5.
  3. Akan muncul tampilan seperti gambar 1.3 itu adalah tampilan vim atau notepad seperti pada windows, tapi cara menulis dan menyimpannya berbeda.
  4. Jadi ketika ingin mengedit atau menulis klik i di keyboard lalu ketiklah /etc/init.d/mysqld start  ini adalah contoh ketika kita ingin menjalankan mysql ketika startup, lalu klik esc di keyboard untuk berhenti dari mengedit atau menulis, lalu tulislah :wq  itu adalah script untuk menyimpan dan keluar dari aplikasi vim.



    Gambar 1.2



    Gambar 1.3






No comments:

Post a Comment