Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Sunday 13 July 2014

Error PHP pada Wamp Server

Error PHP pada Wamp Server

Instalasi Apache dan PHP akan menjadi sedikit sulit bagi yang baru atau tidak terbiasa. Yah, namanya juga Open Source, karena yang develop banyak orang dengan beragam keunikan masing-masing, jadi terpaksa masing-masing pengguna diharuskan untuk ‘membumbui’ sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan. Untuk pengguna Windows, sudah terbiasa dengan windows atau yang baru akan belajar php, tahapan ini mungkin akan menjadi sebuah awal mimpi buruk.
Namun demikian, seiring perkembangan. WAMP menyediakan solusi yang boleh bibilang canggih. Instalasi Apache, MySQL, dan PHP dalam sekali proses. Mudah, simple dan cepat. Sama seperti yang diharapkan oleh windowsers. :)  Tapiiii… karena ini adalah ‘open source’, mau tidak mau ada beberapa hal yang harus ‘dibumbui’ juga.
Salah satunya apabila setelah selesai dengan instalasi dan mencobanya dengan menggunakan source php. Dengan settingan standard, source php yang biasanya jalan normal di server-server yang lainnya, tiba tiba memunculkan error seperti “Notice: Undefined index: auth in C:\ …. \index.php on line 3“, atau “Notice: Undefined variable: message in C:\ … \index.php on line 10“.
Error tersebut dikarenakan secara standard, konfigurasi php hasil instalasi WAMP akan menampilkan semua error dan peringatan (notice). Untuk melakukan perbaikan, berikut caranya:
  1. Klik pada gambar icon WAMP Server
  2. cari PHP, dan pili php.ini
  3. cari baris yang berisi “error_reporting  =  …” biasanya akan berisi “error_reporting  =  E_ALL
  4. tambahkan “& ~E_NOTICE” sehingga baris tersebut menjadi “error_reporting  =  E_ALL & ~E_NOTICE” ini berarti php akan menampilkan semua error tetatpi tidak menampilkan pemberitahuan (notice)
  5. simpan perubahan (save)
  6. restart apache server
  7. silakan dicoba kembali
untuk menghindari error seperti “Parse error: syntax error, unexpected $end in D:\….\index.php on line 147“, masih pada file php.ini, cari baris berisi short_open_tag. Perhatikan isinya. Seharusnya baris ini berisi ON. Sehingga baris menjadi short_open_tag = On.
Demikianlah. Selamat mencoba dan bereksperimen dengan PHP.

No comments:

Post a Comment