Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Friday 18 December 2015

Menentukan Tanggal Awal dan Tanggal Akhir di Delphi pada Bulan Tertentu

Menentukan Tanggal Awal dan Tanggal Akhir di Delphi pada Bulan Tertentu

Untuk Menentukan atau mendapatkan Tanggal awal bulan pada suatu bulan Ane punya codingnya nih, tapi sebelumnya pada uses coba agan" taruh DateUtils terlebih dahulu. Untuk menentukan Tanggal awal tentunya pasti tanggal 1 kan kalo tanggal awal, itu sangat mudah tinggal pake StartOfTheMont. Contoh Penggunaannya gini :

?
1
DateTimePicker1.Date:= StartOfTheMont(Now)
atau
?
1
DateTimePicker1.Date:= StartOfTheMont(DateTimePicker1.Date)

Sedangkan untuk menentukan Tanggal Akhir Bulan buat Function dulu : 
?
1
2
3
4
5
6
Function TanggalAkhir(tanggal:TDateTime):TDate;
begin
Result:=EncodeDate (YearOf(tanggal),
MonthOf(tanggal),
DaysInMonth(tanggal));
end;

untuk penggunaannya bisa seperti ini :
?
1
2
3
4
procedure TForm1.DateTimePicker1Change(Sender: TObject);
begin
DateTimePicker2.Date:=TanggalAkhir(DateTimePicker1.date)
end;

tapi menurut saya lebih mudah pake code seperti ini,lebih simple :
?
1
DateTimePicker2.Date:=EndOfTheMonth(DateTimePicker1.Date)
simpan saja teserah dimana,Misal di Event change pada DateTimePicker1.

mudah Sekali bukan, silahkan coba kalo ada yang error dibenerin saja ya sendiri, soalnya gx ane Copas dari program langsung tapi ane ketik ulang (ane pake 2 kompi) barangkali saja ada salah penulisan gito, jadi mohon maaf saja.


sumber:http://antasdelphi.blogspot.co.id/2014/11/menentukan-tanggal-awal-dan-tanggal.html

No comments:

Post a Comment