Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Friday 18 April 2014

[Delphi] Membuat Aplikasi berbasis IOS Dengan Delphi XE4

[Delphi] Membuat Aplikasi berbasis IOS Dengan Delphi XE4

Seperti kita ketahui, delphi telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu delphi xe4. pada versi ini memiliki lumayan banyak perubahan dibanding versi sebelumnya, terutama untuk cross compile nya. dengan masih memboyong firemonkey, delphi xe4 kini sudah dapat untuk membuat Aplikasi berbasis IOS, sebenarnya delphi sudah dapat membuat aplikasi berbasis IOS sejak versinya yang XE2 namun pada versi XE2 masih menggunakan compiler freepascal untuk compile di lingkungan IOS dan di versi XE4 sudah menggunakan compilernya sendiri.
Seperti kita ketahui, untuk dapat menjalankan simulator IOS kita harus memiliki Operating System buatan apple (OSX) dan Delphi XE4 adalah berbasis windows, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana bisa dicompile dan dijalankan? proses kompilasi Delphi XE4 adalah bersifat cross compile jd delphi tetap dicompile diwindows dan kemudian dijalankan di OSX, untuk dapat menjalankannya ke simulator IOS sebelumnya kita harus menginstall “PaServer” yang terdapat di $ProgramFiles$/Embarcadero/11/RADPAServerXE4.pkg pada OSX. PAServer adalah aplikasi listener debugging yang akan dipanggil langsung oleh delphi untuk melakukan eksekusi aplikasi hasil kompilasi. untuk menghubungkannya akan diterangkan lebih lanjut dibawah. berikut ini adalah flow kompilasi aplikasi iOS dengan delphi :
Flow Delphi-IOS
Untuk itu, diperlukan 2 mesin yang terhubung dengan jaringan (Windows & Mac OSX)
Di tutorial ini kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana berbasis IOS, sebelum memulainya silahkan terlebih dahulu menginstall :
  1. Delphi XE4, trial di http://www.embarcadero.com/products/delphi
  2. XCode, bisa diperoleh di https://developer.apple.com/xcode/
Setelah anda menginstall 2 aplikasi diatas, selanjutnya kita terlebih dahulu akan konfigurasi environment masing-masing (windows dan mac osx)
Konfigurasi di Mac OSX
Sebelumnya kita telah menginstall XCode, selanjutnya kita harus menginstall Command Line Tools dan IOS Simulator, untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • XCode dan pilih menu XCode->Preferences->Downloads akan muncul windows sebagai berikut Konfigurasi XCode
silahkan install pada komponen yang diberi tanda diatas.
  • Setelah terinstall, silahkan kopikan package PAServer yang berada di $ProgramFiles$/Embarcadero/RAD Studio/11.0/PAServer/RADPAServerXE4.pkg ke mac os dan install package tersebut, package paserver akan ada apabila anda telah menginstall delphi xe (windows), instalasi seperti dibawah ini :
PAServer
Konfigurasi di Windows dan pembuatan aplikasi
Sebenarnya, secara umum konfigurasi telah diatur oleh instalasi delphi xe4. yang perlu kita lakukan hanyalah mengatur profile compilenya saja, berikut ini adalah langkah pembuatan aplikasi :
  • Buka aplikasi delphi XE4, kemudian pilih new -> FireMonkey Mobile application seperti pada gambar dibawah ini :
New Project
  • Berikutnya, kita akan memilih template. ditutorial kali ini pilih template Header/Footer dan klik OK lalu tentukan dimana project akan disimpan. window sebagai berikut :
Pilih Template
  • Akan tampil IDE Designer dengan model seperti gadget IPhone, kita akan coba meletakkan Toolbar dan Button kemudian kita letakkan juga listbox dengan align “alclient” dan berikut adalah designnya :
Design Form
  • Berikutnya kita akan memasukkan code dimana ketika button diklik maka akan tampil 100 tulisan dilistbox (looping),caranya sama ketika kita membuat aplikasi delphi biasanya, yaitu double klik pada button dan masukkan coding dibawah ini :
Screen Shot 2013-07-10 at 4.49.55 PM
  • Setelah itu, kita akan compile aplikasi yang telah kita buat.sebelumnya kita akan menghidupkan terlebih dahulu PAServer pada mac os yaitu di menu application->RAD PAServer XE4 seperti gambar dibawah ini :
PAServer
lalu akan muncul command shell dan akan diminta untuk memasukkan password, password disini nantinya akan sebagai authentifikasi ketika melakukan compile di delphi, masukkan passwordnya lalu tekan enter, gambar sebagai berikut :
PAServer Comand Shell
  • setelah kita menghidupkan PAServer di macosx, maka kita akan melakukan compile pada delphi dan untuk itu kita akan edit profile compilenya. expand project manager lalu pada bagian Target platform -> IOS Simulator klik kanan dan pilih Edit Connection lalu akan muncul jendela baru,silahkan isikan ipaddress dan password target macosx dimana PAServer telah diinstall dan dijalankan tadi :
Edit Profile
  • Setelah itu klik OK dan coba compile aplikasinya. segera setelah itu IOS Simulator akan terbuka di macosx dan booting, tunggu sampai didelphi muncul dialog berikut :
Compiled OK
lalu segera klik OK untuk memulai proses debugging. maka akan muncul hasilnya di macosx sebagai berikut :
Hasil Kompilasi
Apabila telah muncul gambar seperti diatas, maka anda sudah berhasil.selamat! anda sudah dapat membuat aplikasi berbasis IOS dengan delphi :)
Demikian sedikit tutorial dari saya, mohon maaf apabila dalam penjelasannya belum terlalu detail. adapun pertanyaan bisa disampaikan dikomentar dibawah ini.Terima Kasih :) .

sumber : http://programminglearning.wordpress.com/2013/07/10/membuat-aplikasi-ios-mac-dengan-delphi-xe4/

1 comment: