Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Friday 18 April 2014

membuat program sederhana exception dengan delphi

Malam ini, saya akan berbagi tentang membuat program sederhana exception dalam delphi.

Salah satu isu yang penting dalam pemograman adalah menangani error yang mungkin muncul dalam program. Delphi menyediakan pengelolaan error dalam gaya yang konsisten. Ketika sebuah error muncul, maka akan terbentuk sebuah objek dengan tipe exception, dan untuk menghindari kesalahan beruntun yang lebih fatal., flow program tidak akan dilanjutkan. Ide dari kelas exception ini adalah penanganan terhadap error yang sederhana dan seragam, sehingga konsentrasi kita dalam pemograman tidak akan lepas dari objektif dan algoritma yang kita buat. Contoh program sederhana menggunakan tipe Exception. “ Menjamin Cursor kembali Semula” Pada contoh ini kita akan mecoba melakukan proses yang membutuhkan waktu beberapa lama. Ketika proses sedang dikerjakan cursor diubah menjadi crHourglass. Setelah proses selesai dilakukan cursor dikembalikan menjadi crDefault. Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan pengulangan i dari 0 s.d. 100 dengan rumus menghitung x:= i div (50-i);

1. Pertama, buat projek baru dan susun tampilan form kurang lebih sebagai berikut.

Masukkan kode event OnClick dari tombol proses di atas sebagai berikut:



2. Jalankan program kemudian tekan tombol proses tersebut. Karena terjadi error, maka akan muncul Message Division by Zero.
Tetapi setelah kita tutup window exception tersebut ternyata cursor tetap berbentuk crHourglass. Hal ini karena kode yang mengembalikan cursor menjadi crDefault tidak pernah dipanggil. Oleh karena itu, kita perlu menambahkan try.... finally.

3. Modifikasi kode program dengan menambahkan try ... finally seperti berikut ini.
4. Jalankan program, tekan tombol proses, perhatikan yang terjadi. Setelah tombol tersebut ditekan error division by zero tetap akan muncul. Hanya bedanya cursor kembali menjadi crDefault dilindungi oleh try .... finally.

Semoga bermanfaat....
Selamat Berbagi.

sumber : http://www.galih-afm.com/2012/04/membuat-program-sederhana-exception.html

No comments:

Post a Comment