Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Monday 17 February 2014

Cara Install MyDAC di Delphi XE 2

Cara Install MyDAC di Delphi XE 2

Date 28 Nov 2013
Delphi        : Versi XE 2 (16)
Komponen : MyDAC 7.6
*note : untuk spesifikasi perlalatan tempur tidak sama dengan diatas harap menyesuaikan
Opo se MyDAC?? MyDAC adalah komponen koneksi ke delphi khusus database MySQL, karena dia dibuat khusus untuk MySQL tentu saja komponen ini akan lebih powerfull dengan fitur-fitur yang dimilikinya, untuk website resmi silahkan kunjungi disini. silahkan baca sendiri apa keunggulan dan kemampuan yang dimiliki komponen ini di situs resminya, oke untuk yang belum punya komponenya saya sedikan versi sesuai yang saya gunakan untuk tutorial kali ini, oke silahkan saja langsung sedot disini.
Oia saya ingatkan, waktu install MyDAC jika ada komponen virtual table maka akan crash saat install jadi harap di uninstall dulu, baru install kembali vtable setelah MyDAC berhasil terinstall, pertama extrak file RAR, kedalam satu folder Embarcadero (ga wajib sih) cuman biar kaga lupa kalau install di sembarang folder tar kehapus lagi sisa-sisanya, jadi error dah tuh komponen…
MyDAC-01
Selanjutnya, buka delphi XE 2 pilih File>Open Projects. kemudian pilih folder MyDAC>>Source>DelphiXX sesuai versi yang kita pakai, untuk kasus ini Delphi XE 2 (16), kemudian pilih semua file Delphi Project File lihat seperti gambar dibawah jangan yang delphi package ya… selanjutnya pilih Open.
MyDAC-02
Maka akan terlihat semua bundle file di jendela project manager tampak seperti gambar dibawah ini, oke langka selanjutnya harap di perhatikan urutanya dengan seksama, atau akan error….
MyDAC-03
Oke ingat!! di jendela project manager lakukan Build lalu Compile, jangan kebalik, cukup klik kanan pada nama file yang dimaksud >> Build, klik kanan lagi >> Compile.
MyDAC-04
PERHATIKAN !!!! URUTAN FILE YANG DI EKSEKUSI HARUS SAMA!!! HARUS URUT!!
  1. dac160.bpl > Build , Compile
  2. dacvcl160.bpl > Build , Compile
  3. dacfmx160.bpl > Build , Compile
  4. dcldac160.bpl > Build , Compile
  5. mydac160.bpl > Build , Compile
  6. mydacvcl160.bpl > Build , Compile
  7. mydacfmx160.bpl > Build , Compile
  8. Terakhir  dclmydac160.bpl > Build , Compile, Install
Jika dilakukan dengan benar dan urut maka, akan muncul jendela seperti dibawah ini saat install file terakhir, close saja…
MyDAC-05
Akan Muncul Informasi komponen-komponen yang terinstall…
MyDAC-06
Selanjutnya opsional, untuk menginstall MySQL monitor, sebelum menutup proses tadi, klik kanan seperti proses diatas lakukan build kemudian compile pada komponen dengan urutan seperti dibawah ini..
  1. mysqlmon160.bpl  > Build , Compile
  2. dclmysqlmon160.bpl > Build , Compile, Install untuk yang terakhir,
Maka akan muncul jendela informasi komponen tambahan sudah terinstall, sampai disini selesai sudah…
MyDAC-07
Buat project baru dan buka Tab komponen MySQL Access, maka komponen MyDAC sudah terinstall dan siap digunakan untuk koneksi ke database MySQL…
MyDAC-08
Selamat mencoba, semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat, jangan lupa tinggalkan sedikit comment atau testi akan sangan saya tunggu, terimakasih dan salam delphier :)
About these ads

No comments:

Post a Comment