Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Friday 14 February 2014

Install UniGui Delphi XE2

Install UniGui Delphi XE2

Saatnya mendokumentasikan lagi, supaya saya sendiri tidak lupa hahahahaaaaa….
okey kali ini saya akan menulis cara menginstal komponen yang sangat keren dan ajibbb yaitu UniGui, komponen yang bisa membuat Delphi semakin PowerFull karena bisa run di webbase,
Okey masbero dan mbaksist langsung saja, pertama-tama tentunya adalah mendownload 2 Paket UniGui yaitu extjs serta UniGui itu sendiri, bagi yang belum punya silahkan ubek2 diwebsitenya UniGui disini, sebenarnya saya sama sekali belom belajar sih tentang penggunaan komponen ini, tapi setidaknya menginstall dulu adalah suatu hal yang sudah sangat keren menurut saya B-) hahahay.
Pada kesempatan ini saya menggunakan UniGui Beta 9 dan Delphi XE2 sebagai contoh, jika ingin download versi yang sama dengan yang saya gunakan.
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menginstall EXTJS nya dulu, monggo..
uni-01
Setelah EXTJS terinstall selanjutnya install pack yang selanjutnya unigui beta 9 , pilih custom install centang pada bagian Delphi EX2 saja, tekan next sampai installasi selesai, maka akan membentuk folder FMSoft di Program Files . . .
uni-02
Setelah Kedua paket tersebut terinstall, buka Delphi XE2 nya, Open>uniGUI2012Group.
Letaknya diFolder Program Files\FMSoft\Framework\UniGUI. Lihat gambar dibawah . . .
uni-03
Kemudian setelah di Open, Pada Panel Project Manager klik kanan>uniGUI2012Group>Build All . . .
uni-04
Kalau sudah menjalankan langkah diatas, maka selanjutnya pilih menu utama >Project>Build All Project . . .
uni-05
Jika sudah selesai, baik ke panel Project Manager > Klik kanan package yang ada gambar Gear nya (lihat Gambar) >pilih install, lakukan satu persatu, maka akan muncul dialog komponen yang terinstall, Tutup Delphi Xe2 Lakukan File > Save All, kemudian buka kembali Delphinya . . .
uni-06
Taaaaarraaaaa, akhirnya UniGUI berhasil terinstal juga di Delphi, untuk menggunakanya pilih File>New>Other maka akan tampak seperti gambar dibawah ini . . .
uni-07
Selamat mencoba :-) semoga bermanfaat, salam Delphier . . .


sumber : http://mboloz.wordpress.com/2012/12/23/install-unigui-delphi-xe2/

No comments:

Post a Comment