Welcome

Welcome, thanks to look my blog

Monday 17 February 2014

Cara Install Zeos

Cara Install Zeos Delphi XE2

Yup, Zeos merupakan komponen Free untuk koneksi database dengan Delphi, yang menurut saya banyak digunakan karena fitur-fiturnya yang sangat mumpuni, tidak kalah dengan komponen berbayar seperti UniDAC atau lainya, kalau belum punya file untuk menginstall zeos, silahkan download disini.
Saat artikel ini ditulis, zeos sudah memiliki dukungan sampai Delphi XE3, kali ini saya menggunakan Versi 7.0.1 Beta dan akan saya install ke Delphi XE2.
Untuk menginstall Zeos di Delphi 7 maupun versi XE sebenarnya sama saja, saya akan coba tuliskan bagaimana saya menginstallnya, langkah pertama seteah medapatkan filenya :
Saya menyarankan mengekstrak file tersebut dalam satu directory (folder) dengan dimana Delphi di install, agar path tidak rawan berubah-rubah, terpindah, atau terdelete . . .
Seperti gambar dibawah saya mengekstraknya kedalan folder Program Files > Embarcadero
zeos-01
Setelah itu buka Delphi XE2, jagan lupa Run As Administrator agar tidak ada error saat instalasi, kemudian buka pada menu Tools > Options > Delphi Options > Library , kemudian tambah Library Path
* Kalau di Delphi 7 > Tools > Environment Options > Library.
zeos-02
Setelah itu tambahkan Directories, buka dimana kita mengekstrak file Zeos tadi, pertama tambahkan pada folder src, setelah itu buka folder src tambahkan directory lainya seperti gambar dibawah ini . . .
zeos-03
Jika semua directories diatas sudah di Add, maka langkah selanjutanya masuk menu File > Open Project , kemudian buka directory dimana kita mengekstrak Zeos >Packages > DelphiXE2 (sesuaikan versi Delphi), cari file ZeosDbo, kemudian open . . .
zeos-04
Maka di jendela Project Manager akan muncul file-file seperti tampak pada gambar dibawah ini . . .
zeos-05
Selanjutnya masuk ke menu Project > Complie All Projects, tunggu sampai proses compile selesai . . .
zeos-06
Kembudian Sorot pada file ZComponentDesign160.Bpl, klik kanan > kemudian pilih Install . . .
zeos-07
Setelah proses install selesai maka akan muncul jendela tamapak seperti gambar dibawah ini, tekan OK, kemudian pilih menu File > Save All untuk menyimpan proses installasi komponen . . .
zeos-08
Jika berhasil maka komponen Zeos akan muncul pada pallete komponen . . .
zeos-09
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment